Sabtu, 22 Juni 2013

Hama Kecoa dan Cara Pengendaliannya

pembasmihamasurabaya
   Hewan yang satu ini juga termasuk dalam jenis serangga, dan kecoa merupakan salah satu serangga purba yang ditemukan fosilnya sudah berumur sekitar lebih dari 300 juta tahun yang lalu. Bisa bayangkan gak, kalau dulu itu besarnya kecoa seberapa?wah...wah...kalo kecoa sebesar orang dewasa trus semut seberapa donk?? 
   hama kecoa adalah serangga yang mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya, kecoa juga sukses dapat hidup bersama dan berdampingan dengan lingkungan manusia. Kecoa merupakan serangga yang sangat cepat berkembang biak serta kecoa memiliki sistem pertahanan yang cukup ampuh yaitu dengan bau yang khas dan kulit yang dilapisi oleh lapisan lilin.
   Untuk kecoa jerman biasanya tempat perkembangbiakannya ada di celah-celah ataupun retakan-retakan dinding. Tempat yang biasanya sering dijumpai adalah di restoran, rumah makan dan khsusnya di area dapur. sering kali terlihat di bawah-bawah meja dapur yang jarang sekali dibersihkan. Tumpukan-tumpukan barang yang ada di gudang juga sering kali ditemukan keberadaaan kecoa jerman ini, karena terlalu lamanya barang yang ada di gudang tersebut untuk di ambil atau dipindahkan ke tempat lainnya sehingga kondisinya menjadi lembab. Bahkan yang sering terlihat adalah di tempat-tempat sampah yang sudah menmpuk lebih dari 2 hari tidak segera di ambil dan akhirnya menimbulkan bau yang tidak sedap sehingga dapat mengundang hama kecoa untuk datang dan berkembang biak di tempat tersebut.
   Untuk kecoa amerika biasanya mereka ada di dalam saluran got yang lembab dan tidak lancar/tersumbat. Dalam saluran pembuangan air di rumah, hotel dan kamar mandi. Mereka sangat menyukai tempat-tempat yang gelap, lembab dan jarang sekali untuk dibersihkan. Kecoa amerika ini sangat besar dari ukuran kecoa lainnya, sehingga mudah sekali untuk mengetahui lokasi keberadaannya. Bau yang ditimbulkannnya juga sangat khas. Apabila suatu usaha makanan terutama terdapat kecoa, bau urine kecoa maka bisa dipastikan hal tersebut memberikan image yang kurang baik bagi usaha tersebut, atau lebih parahnya lagi adalah tempat tersebut berarti tidak higyienis lagi.
   Sedangkan untuk kecoa brown banded biasanya juga dapt terlihat di area tempat sampah, got/saluran pembuangan air. Kadangkala juga dapat ditemukan di area dapur di restoran, tempat sampah dapur, gudang penyimpanan bahan makanan.
   Keberadaan kecoa sebenarnya dapat diketahui secara jelas ketika kita melakukan survey di lapang. Yaitu dengan ditemukannya bekas kotoran berwarna hitam dan berbentuk titik-titk kecil yang menempel di dinding dan bau yang khas dari kecoa tersebut. Jika kita mau lebih teliti lagi, maka akan kita temukan juga ootecha. Di dalam ootecha terdapat telur-telur kecoa yang berjumlah banyak. Ootecha itulah yang harus kita basmi juga agar tidak terjadi sampai menetas dan muncul kecoa baru lagi.