Rabu, 05 Juni 2013

Hama Lalat dan Cara Pengendaliannya

pembasmihamasurabaya
  
   Hewan ini merupakan hama yang sering juga di jumpai saat kita berada di dalam maupun di luar ruangan. Ketika kita di ruang makan, lalat sering terlihat terbang mondar mandir mengitari kita dan makanan yang ada di sekitar kita. Di tempat sampah juga ada lalat. Lalat merupakan hama yang paling menjijikan ketika kita sedang santai sambil menikmati minuman dan kue/jajan tiba-tiba terdengar suara mendengung berseliweran dekat telinga kita. Lalat merupakan hewan yang juga bisa menyebabkan penyakit. Karena pada semua bagian tubuh hewan ini mengandung bibit penyakit yang dapat menyebabkan orang menjadi sakit perut, mual-mual, muntah dan yang lebih berbahaya lagi juga dapt menyebabkan penyakit kulit.

   Mari kita lihat penyakit apa saja yang dapat disebabkan oleh lalat. Secara biologi lalat dapat menyebabkan penyakit Disentri yang dibawa oleh bakteri bernama Shygella disentri, ada juga penyakit Muntaber yang dibawa oleh bakteri E. coli, penyakit Kolera yang dibawa oleh bakteri Vibrio cholera serta penyakit Tipes yang dibawa oleh bakteri yang bernama Salmonella thyposa. Sedangkan secara fisik jika kita tidak hati-hati maka akan dapat masuk dalam makanan dan minuman yang sedang kita nikmati. Bisa-bisa kita menikmati makan dan minum dengan si 'Lalat'..ha..ha..Lalat juga akan berakibat fatal apabila sampai masuk ke dalam produk makanan ataupun minuman yang sudah siap untuk diedarkan ke pasaran, karena akan merusak reputasi suatu usaha makanan ataupun minuman tersebut.
   Emang ada berapa sih jenis lalat yang harus kita waspadai dan hati-hati???Jenis lalat yang pertama adalah lalat biru alias BLUE BOTTLE yang mempunyai nama ilmiah Calliphora vomitoria, lalat biru ini menyukai habitat di tempat sampah dan kotoran. Jenis lalat yang kedua adalah lalat hijau alias GREEN BOTTLE yang memiliki nama keren Lucilia caesar, lalat hijau ini juga menyukai habitat di tempat sampah dan bangkai. Sedangkan untuk jenis lalat yang ketiga yaitu lalat rumah atau dalam bahasa inggrisnya THE COMMON HOUSEFLY, dan memiliki nama lain yaitu Musca domestica, lalat rumah ini hampir sama dengan lalat jenis sebelumnya yaitu menyukai habitat di tempat sampah, kotoran dan bangkai.
   Biar lebih jelas untuk mengenal hama lalat, mari kita lihat bersama-sama gambar mereka berikut ini :

pembasmihamasurabaya
Blue Bottle / Calliphora vomitoria

pembasmihamasurabaya
Green Bottle / Lucilia caesar
pembasmihamasurabaya
The Common Housefly / Musca domestica
Sekarang kita akan mempelajari tentang siklus hidup lalat.
a. Siklus hidup untuk lalat BLUE Bottle dan GREEN Bottle yaitu antara 2 sampai dengan 4 minggu.
b. Siklus hidup untuk lalat Rumah ( The Common Housefly ) adalah antara 7 sampai dengan 45 hari.
Lalat merupakan termasuk hewan yang mengalami metamorfosis sempurna yaitu :
TELUR --- LARVA --- PUPA --- IMAGO atau biasanya agar lebih mudah menghapalkannya disingkat TLPI.

Pingin tau gambarnya ? oke..sekarang kita lihat secara jelas.
pembasmihamasurabaya

Untuk sementara sampai disini dulu cerita singkat tentang lalat..lain waktu pasti akan ada perubahan tentang LALAT.