Rabu, 05 Juni 2013

Hama tikus dan Cara Pengendaliannya


pembasmihamasurabaya
   Seperti yang kita ketahui bersama, hama tikus adalah yang paling sering kita resahkan. Bukan masalah takut dengan hewannya, tapi dengan apa yang dibawa oleh tikus. Banyak sekali penyakit yang dibawa oleh hama tikus. Seperti penyakit pes, yang dapat menyebabkan orang menjadi sakit perut, kepala menjadi pusing bahkan bila tidak tertangani akan menjadi penyebab kematian.
   Sebenarnya tikus juga termasuk dalam ekosistem alam yang harus dijaga keseimbangannya. Bila tikus tidak ada maka rantai makanan di alam juga akan terputus. Tikus bagi para petani juga merupakan hama yang paling ditakuti, karena padi akan dimakan habis sampai ke akarnya oleh tikus. Jika hal itu terjadi tentu saja akan sangat merugikan bagi petani. Petani akan rugi besar.


pembasmihamasurabaya


   Tikus merupakan jenis hama pengganggu kategori hama Primer. Sekarang mari kita lihat bahaya apa sajakah yang dapat diakibatkan oleh tikus. Tikus merupakan hama perusak pada bangunan, rumah, kantor, gudang dan pabrik ( karena dapat merusak kabel listrik adn telepon, pondasi, pipa plastik, dinding, lantai, pintu serta peralatan yang ada di kantor maupun yang ada di rumah tangga. Tikus juga dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, diantaranya : pess, salmonellosis, leptospirosis, lympocitic, demam dan tetanus. Mengapa bisa demikian? karena tikus dapat melakukan kontaminasi melalui : rambut, feses (kotorannya) dan juga urine (air kencingnya). Apalagi jika pada suatu usaha makanan ataupun minuman jika terdapat hama tikus di dalam pabrik, maka akan merusak reputasi suatu usaha tersebut, karena akan terlihat bahwa produk yang dihasilkan tidak higienis. Itulah mengapa tikus perlu dikendalikan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk dapat mengendalikan tikus yaitu : kita mampu mengidentifikasi jenis tikus yang sedang kita hadapi. Kemudian kita juga harus mengetahui biologidan perilaku/kebiasaan dia tinggal, mampu mengetahui kehadiran tikus melalui tanda yang ditinggalkannya. Kita juga harus mengetahui sifat, ciri dan bentuk racun yang akan kita gunakan agar dapar berhasil dalam penggunaannya.
Dibawah ini kami mencoba untuk memberikan ciri morfologi tikus yang ada pada umumnya :


pembasmihamasurabaya
Morfologi tikus menurut jenisnya masing-masing


      Dan sekarang ada pertanyaan yang sering masih kami dengarkan ketika bertemu dengan teman-teman dari perusahaan pembasmi hama yaitu, apakah celurut itu termasuk tikus atau bukan??dan mengapa tidak bisa makan racun??mengapa hanya dengan mengagetkan celurut sudah bisa langsung mati??
Sebelum kita membahas lebih dalam lagi tentang celurut, marilah kita sekarang melihat bagaimana sih bentuk tikus yang telah disebutkan di atas?


pembasmihamasurabaya
Gambar tikus Got, tikus Atap dan Tikus Rumah
Biar lebih jelas gambarnya, maka kami akan coba menggunakan warna yang sesuai dengan jenis tikus di atas agar biar lebih gampang dan mudah mengenalnya ketika anda nanti berjumpa di jalan. He...he...


pembasmihamasurabaya

pembasmihamasurabaya
pembasmihamasurabaya


Gimana sudah bisa mengetahui dan menghapalkannya?sudah tahu mana yang tikus got, tikus atap dan tikus rumah?bercanda brow..